PT. JC INDONESIA

Bisnis Online Diprediksi Kian Meroket di Tahun 2014

13 Januari 2014 - Artikel

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rina Eviana Dewi

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pertumbuhan bisnis online diperkirakan terus meroket pada tahun 2014 mendatang. Pergeseran perilaku belanja masyarakat yang mulai menyukai belanja secara online semakin menumbuhkan potensi bisnis secara elektronik ini.

General Manager JogjaCamp, penggagas Jejualan.com, Herlin Dwi Yudiandari mengatakan peminat bisnis online semakin meningkat dari hari ke hari. Ramainya bisnis online ini lantaran bisnis tersebut gampang dijalankan.

"Siapapun bisa menjalankan bisnis ini, apalagi sosial media juga menjamur," jelas Herlin di sela workshop Branding & Digital Marketing Toko Online di Jogja Expo Center, belum lama ini.

Meski bisnis online juga banyak yang hanya dijalankan berbekal sosial media saja, namun banyak juga pebisnis online yang menggarap toko online-nya dengan serius sebagai bagian dari branding.

Sebagai contoh di perusahaan rintisan yang menyediakan platform toko online Jejualan.com . Sejak didirikan setahun lalu kini penggunanya telah menembus angka 12 ribu. Jejualan.com merupakan jasa pembuatan toko online yang awalnya tanpa berbayar alias gratis. Bahkan sejak diterapkan berbayar, pengguna aktif nya mencapai angka 1400 member.

"Pengguna berbayar di kami setahun ini sudah ada 1400 member," jelas Herlin.

Dari 12 ribu pengguna jasa perusahaan rintisan asal Kota Gudeg ini, menurut dia 80 persen diantaranya merupakan pebisnis-pebisnis dari luar DIY dari kota-kota besar seperti Medan, Jakarta, Surabaya dan Balikpapan. Dari riset yang dilakukan pelaku bisnis online mayoritas dari kalangan anak muda dan sebagian lainnya ibu-ibu rumahtangga.

"Mereka yang membangun bisnis online dan menggunakan jasa Jejualan.com kebanyakan re-seller," jelasnya.

Di Yogyakarta, kata dia, sebenarnya bisnis online sangat menjanjikan apalagi usaha kecil menengah (UKM) di wilayah ini menjadi penggerak ekonomi. Namun sayangnya, kata dia UKM di Yogya belum banyak yang melakukan penjualan secara online.

"UKM belum banyak terjamah karena mungkin mereka lebih bergerak di produksi. Padahal marketing online potensinya cukup besar di sektor ini," jelasnya.

Jejualan sendiri memungkinkan pengguna membuat toko online tanpa harus memikirkan pemrograman di situs web. Saat ini ada dua pilihan layanan yang ditawarkan yakni Gold seharga Rp 60 ribu per bulan dan platinum seharga Rp 200 ribu per bulan. Layananan Jejualan.com juga dibantu layanan live chat 24 jam.

Herlin menargetkan pada 2014 ini porsi pengguna gratis 20-30 persennya akan masuk menjadi member berbayar. Adapun mengantisipasi resiko penipuan penjualan secara online, Herlin menyebut data base pengguna yang dilengkapi data diri seperti KTP dan nomor rekening menjadi filter.

"Jadi kalau ada penipuan dan ada aduan bisa dilacak. Sejauh ini hal seperti itu belum ada," ucapnya.

Adapun di seminar tersebut, narasumber yang dihadirkan selain memberikan tips cara berbisnis online juga memberikan ilmu strategi branding dan pemasaran produk online. (evn)

(#182 views)

  Kirim ke Teman    Cetak halaman ini   Posting komentar   Share on Facebook



Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
 
captcha comment

Silakan masukkan kode diatas
 

Komentar Untuk Berita Ini (0)